Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


INTERNASIONAL NASIONAL
SEJARAH ARTIKEL
Home Internasional Asia Timur Generasi Muda Jepang Kini, Pemalas dan Perias

Generasi Muda Jepang Kini, Pemalas dan Perias

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 2
TerburukTerbaik 

Oleh Rudi Hardianto

.Karena Jepang pernah hancur, maka orang-orang Jepang sering membaca buku tentang semua pelajaran, untuk membangun kembali negaranya. Sayangnya itu dulu sekarang ini ada kelunturan budaya dan semangat Jepang dahulu.

Jangan memandang Jepang seperti Jepang masa dulu sebelum kekalahandan kehancuran akibat perang dunia II dan juga Jepang setengah abad paska pengeboman Hiroshima dan Nagasaki. Penilaian bangsa Jepang itu merupakan bangsa yang pintar, inovatif, kreatif, bisa bersosialisasi dengan baik mungkin sekarang ini sudah tidak relevan lagi, karena generasi Jepang dulu dan sekarang ini berbeda sepeti bumi dan langit. Jika kita melihat semangat dan keulatan Jepang dulu adalah semangat dan keuletan seorang samurai, maka anak muda Jepang sekarang ini adalah seorang pemalas dan perias.

Sekelumit saya mengutip tulisan di Kompas oleh Myrna Ratna M yang melakukannya langsung ke Jepang. Menurutnya dalam satu paragraph tulisannya: “SHINJUKU, Tokyo, bulan Juli. Inilah nadi kehidupan malam di Jepang. Dentam musik bersahut-sahutan muncul dari deretan toko di sepanjang avenue Meiji-Dori dan Yasukuni-Dori. Lampu-lampu berkerejap menyinari trotoar yang padat oleh manusia. Berbeda dengan kawasan tenang Ginza atau Shibuya yang digemari kaum elite Jepang, Shinjuku bisa dikatakan representasi dari semua kelas. Dandanan "penghuni" di sini agak tidak biasa, kalau bukan dikatakan aneh. Rambut dicat warna hijau, merah atau emas (warna blonde tergolong normal di Jepang). Bibir disaput lipstik ungu atau hitam. Dengan baju yang membalut tubuh ala kadarnya, sejumlah perempuan muda berjalan tertatih-tatih dengan sepatu berbentuk bakiak yang tinggi haknya sekitar 20 cm. Yang pria juga dandanannya tak kalah aneh. Mereka mirip geng-geng punk rock di Inggris yang menjamur di tahun 1970-an. Rambut botak atau mencuat seperti landak, jaket kulit berpaku lengkap dengan rantai dan anting-anting".

Banyak yang sudah memprediksikan Jepang modern sekarang ini justru semakin sulit untuk menembus masuk daftar sebagai negara adidaya, tetapi justru mengalami penurunan kapasitas ekonomi dari decade ke decade. Kreatifitas industry Jepang merosot, pasar industry lari ke perusahaan China, dan produk Jepang semakin lama semakin tertinggal.

Mungkin kedigdayaan Sony Corp, atau perusahaan Honda hanya akan menjadi catatan sejarah yang sulit untuk dapat dicapai lagi. Semangat samurai Jepang semakin lama semakin memudar. Timbul wajah dan ideology pragmatisme yang semakin lama semakin menggrogoti kekuatan dan akar sejarah Jepang dalam periode-periode ke depan jika tidak ada revolusi budaya atau semacam restorasi budaya seperti para pemimpin Jepang lakukan pada awal kebangkitan Jepang dulu.

Remaja Jepang sangat perias melebihi wanita, dan wanitanya semakin semakin menentang pada budaya berkeluarga, tidak mau memiliki anak dan apalagi mengasuh anak. Sudah ada kecendrungan bagi anak muda Jepang juga untuk meninggalkan orang tuanya yang seharusnya menjadi tanggungjawabnya dan memasukkan orang tuanya ke panti werda yang dibiaya negara atau swasta. Hal ini sangat wajar karena hubungan emosional menjadi rusak karena orang tua Jepang, masa kebangkitan Jepang menghabiskan waktu di pekerjaan dan perusahaannya. Mereka menciptakan kondisi pada anaknya hanya dengan hanya sekedar materi.

Anak muda Jepang juga mengalami degradasi rasa hormat terhadap sejarah dan masa lalu Jepang. Mereka merasa masa lalu Jepang justru membuat Jepang masuk dalam kondisi yang memalukan, bahkan ada kelompok yang jelas-jelas ingin merubah identitas Jepang menjadi Jepang yang baru.
Bayangkan Jepang pada dua decade lalu. Prototipe generasi muda Jepang identik dengan pelajar berseragam yang terkantuk-kantuk di kereta karena baru selesai mengikuti cram school hingga larut malam. Mereka patuh pada orangtua, hormat pada guru, dan bercita-cita tinggi: masuk universitas terkenal, diterima menjadi pegawai negeri atau menjadi karyawan perusahaan swasta terkemuka di Jepang. Jepang sekarang justru benci sekolah apalagi sekolah sampai perguruan tinggi.

Kini, mimpi para orangtua di Jepang tentang anak-anak yang manis dan patuh, mulai memudar. Selama tiga tahun terakhir, kenakalan remaja di Jepang terus meningkat.

"Generasi muda Jepang saat ini sangat dimanjakan orangtua dan keadaan. Mereka tidak pernah memikirkan kesulitan. Orangtua memenuhi dan melayani semua keinginan mereka. Banyak di antara mereka yang mendapat uang jajan sekitar 100.000 yen per bulan (sekitar Rp 8 juta). Dan uang itu mereka pakai hanya untuk bersenang-senang," kata Profesor Masahiro Yamada, pengajar di Fakultas Pendidikan, Departemen Sosiologi, Tokyo Gakugei University seperti yang dikutip oleh Kompas.

Masahiro Yamada beberapa waktu lalu menjadi buah bibir di Jepang ketika ia melontarkan istilah parasite single, sebagai kritikannya terhadap generasi muda Jepang yang enggan mandiri dan tetap tinggal bersama orangtua-dan dilayani segala kebutuhannya oleh orangtua-meskipun telah memiliki penghasilan sendiri.

Generasi yang lahir di akhir tahun 1970-an dan 1980-an ini adalah generasi yang diturunkan oleh orangtua yang berhasil membangun ekonomi Jepang dari keruntuhan akibat Perang Dunia II. Keberhasilan itu diperoleh dengan kerja amat keras, juga pengabdian terhadap negara yang amat tinggi. Ketika generasi berikutnya lahir, Jepang telah menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia. Mereka tidak mengenal masa-masa depresi seperti orangtua mereka.

Yamada meresahkan kekacauan sistem pendidikan di Jepang telah memberikan pengaruh buruk terhadap kualitas moral generasi muda Jepang. Di antaranya adalah pandangan bahwa sistem pendidikan akan menjamin seseorang mencapai kehidupan yang baik. Seolah-olah, semua problem bisa diselesaikan melalui sistem pendidikan.

President of Children's Research Institute Inc, Tokyo, Hideo Takayama, juga berpendapat senada. Baginya, sistem pendidikan di Jepang justru tidak menumbuhkan kreativitas anak-anak. Padahal faktor itulah yang saat ini dibutuhkan negeri Sakura itu. "Anak-anak hanya disuruh belajar keras untuk menjadi pegawai negeri atau bekerja di perusahaan besar. Mereka yang tidak mengikuti jalur ini, akan dipandang aneh dan dianggap tidak akan sukses," seperti yang dikutip oleh Kompas.

Sekarang ini di Jepang telah tercipta kultur baru dalam gaya hidup modern masyarakat Jepang. Orangtua di Jepang dengan mudah menyediakan segala kebutuhan dan terlalu memanjakan anak-anak mereka. Perlengkapan seperti perlengkapan video, audio visual, komputer, handphone, video games, dan sejumlah peralatan teknologi mutakhir lainnya. Gaya hidup ini semakin menyisihkan kaum muda yang hedonis itu dari realitas sosial. Mereka membangun dunianya sendiri yang maya, atau kerap disebut sebagai hikikomori. Hikikomori masuksudnya pribadi yang jauh dari sentuhan sosial dan selalu menarik diri dari kehidupan di masyarakat.

Hideo Takayama merumuskannya dengan lebih skeptis. Baginya, generasi muda Jepang saat ini tidak memiliki mimpi, apalagi cita-cita tentang tanah airnya. "Generasi yang sudah tuanya saja sudah sulit merumuskan apa sasaran mereka berikutnya di masa depan, karena apa yang mereka cita-citakan sudah tercapai. Kalau yang tuanya saja begitu, apalagi anak-anaknya," katanya.

Pendapat serupa disampaikan oleh Hideo Kojima. Seorang perancang permainan video yang bekerja untuk Konami, dan berstatus sebagai Wakil Presiden Konami Computer Entertainment Jepang dan sekarang mengepalai studio dari Kojima Productions. Ia mengeluhkan masa depan generasi baru developer game Jepang.

Kojima menjelaskan alasan mengapa ia yakin bahwa generasi muda Jepang telah mengalami kekalahan dari Barat. "Barat sangat termotivasi," tulisnya pada salah satu posting TwitLonger-nya. "Para desainer dan calon desainer game Barat punya fokus, ambisi, dan kemampuan untuk membuat mimpi mereka jadi nyata. Maka, kekalahan tidak terletak pada teknologi atau budaya Jepang, namun kita masih kurang akan motivasi," Kojima mengungkapkan, seperti yang dikutip oleh videogamesindonesia.com.

Pembahasan ini sendiri diawali dari sebuah tayangan yang Kojima saksikan mengenai bagaimana murid-murid asing hasil pertukaran pelajar dapat bermotivasi tinggi untuk sukses di Manga Department, Kyoto Seika University. "Sebagai kebalikannya, jumlah murid yang belajar keluar dari Jepang malahan telah berkurang," tulisnya. "Hanya ada sedikit sekali siswa Jepang yang belajar di Harvard University, dan di MIT... tidak ada. Populasi ilmu teknik Jepang mungkin tengah dalam bahaya. Kita seharusnya merevisi lebih dulu sistem pendidikan kita di Jepang," jelas Kojima.

Membahas generasi muda Jepang sekarang mungkin akan tepat jika kita gambarkan seperti kisah Doraemon karya Fujiko F. Fujio yang mengisahkan kehidupan seorang anak pemalas Nobi Nobita yang berteman dengan sebuah robot kecil yang bernama Doraemon. Nobita yang pemalas dan manja ini selalu ingin mendapatkan segala hal yang dia impikan hanya dengan usaha Doraemon. Memimpikan apapun akan dikabulkan dan diberi oleh Doraemon tanpa usaha dan kerja keras. Doraeomon juga menciptakan baling-baling yang dapat membawa kemana saja Nobita dengan mudah, segala macam alat diciptakan agar empunya bahagia. Segalanya dapat dicapai tanpa kerja keras.

Memang seperti itulah generasi muda Jepang tempo ini. Mereka akan selalu meminta kepada orang tuanya apa yang mereka inginkan tanpa usaha keras, dan orang tua yang merasa dulunya sangat susah dan tidak ingin kesengsaraan masa lalunya hingga ke anaknya menjadi Doraemon seperti yang di kisahkan oleh Fujiko. Cerita Fujiko secara psikologis memang terkait dengan mental generasi muda Jepang saat ini yang mengalami degradasi moral dan spirit jika dibandingkan dari generasi masa lalunya.

Sumber Pustaka:

1. Kompas.com

2. Videogamesindonesia.com

3. www.ahmadheryawan.com/component/content/article/94-kolom/2507-generasi-nobita.pdf


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

 

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Media Mesir : AS Sebarkan Dana Untuk Terorisme di Mesir
15/02/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Surat kabar resmi Mesir di dalam berita utama mereka Selasa (14/2) menuduh AS berencana menyebar kekacauan di Mesir, sehingga meningkatkan pertikaian yang dikatakan Washington harus diselesaikan guna  [ ... ]


Mesir Selenggarakan Pemilu Pertama Paska Tergulingnya Hosni Mubarak
24/05/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Mesir menyelenggarakan pemilihan umum pertama sejak jatuhnya pemerintahan Hosni Mubarak yang digulingkan oposisi tahun lalu.

TPS umumnya ditutup pada 9:00 pm (1900 GMT) hari Kamis (24/05/2012) setelah [ ... ]


Afrika
Hugo Chavez : Carlos the Jackal Pahlawan Kaum Kiri
08/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Hugo Chavez, Selasa WIB, melukiskan militan kiri Venezuela "Carlos the Jackal" saat diadili akibat serangan mematikan di Prancis pada 1980an, sebagai "pewaris paling layak bagi perjuangan-per [ ... ]


Ramalan Kiamat Suku Maya Membuat Heboh Banyak Orang Didunia
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Ramalan suku Maya yang memprediksi akan terjadi kiamat besar pada tanggal 21 Desember 2012 telah membuat heboh banyak orang di dunia. Isu ini terkait dengan sistem kalender Suku Maya yang berakhir pad [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Kebangkitan Nasional 20 Mei Masih Relevan Sampai Masa Kini dan Masa Akan Datang
23/05/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Masa-masa penjajahan yang panjang bagi bangsa Indonesia telah menjadi cambuk keras bagi bangsa Indonesia untuk sadar tentang harga diri dan martabat bangsa. Bahwa bangsa Indonesia tidak mau lagi terj [ ... ]


Perundingan Rudal AS - Rusia Buntu
22/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Perundingan pertahanan rudal antara Rusia-Amerika Serikat mengalami kebuntuan, kata Utusan asal Rusia untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Dmitry Rogozin, pada Rabu.

Rogozin menambahkan, meski [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Korut Memperkuat Persenjataan Militernya di Perbatasan
18/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Akibat ancaman dari Korea Selatan yang mengirim persenjataan tambahan untuk pulau-pulau dekat perbatasan laut yang disengketakan, Korea Utara telah memperkuat persenjataan di daerah pesisirnya den [ ... ]


Putin Belum Berencana Menghapuskan Wajib Militer
07/02/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, yang membuat ulang sebuah situs yang dikelola sebagai bagian dari kampanye calon presiden Rusia, menyatakan keraguan pada hari Senin (6/2/2012) bahwa Rusia akan d [ ... ]


Perkembangan Militer
ASEAN Tidak Boleh Menjadi Korban Permasalahan Bangsa Lain
17/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak para pemimpin dan bangsa-bangsa Asia Tenggara yang semuanya masuk menjadi anggota ASEAN, untuk tidak hanya menjadi sekadar penonton dinamika politik ekonomi  [ ... ]


Menlu Ajak Jurnalis Dorong Promosi Wisata di ASEAN
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Negara-negara ASEAN perlu mengidentifikasi upaya bersama untuk lebih memajukan wisata intra-ASEAN. Upaya-upaya tersebut dinilai tidak hanya mendukung perwujudan ‘people to people contact†[ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Pergolakan Perjuangan Melawan NICA di Kalimantan Barat
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pasca perang dunia II. Konstelasi politik global dunia berubah total. Salah satunya adalah status negara-negara yang sebelum Jepang masuk ke berbagai negara di kawasan Pasi [ ... ]


Menghadang NICA di Pertempuran Medan Area
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun
Pada tanggal 24 Agustus 1945, antara pemerintah Kerajaan Inggris dan Kerajaan Belanda tercapai suatu persetujuan yang terkenal dengan nama civil Affairs Agreement. Dalam perset [ ... ]


Proklamasi dan Anak Muda Pergerakan, Sukarni Kartodiwirjo
Tim Admin Indonesian Voices

Sukarni (lahir di Blitar, Jawa Timur, 14 Juli 1916 – meninggal di Jakarta, 7 Mei 1971 pada umur 54 tahun), yang nama lengkapnya adalah Sukarni Kartodiwirjo, adalah tokoh pejuang kemerdekaan Ind [ ... ]


Perjuangan Pemuda Robert Wolter Mongonsidi Melawan Penjajahan Belanda
Tim Admin Indonesian Voices

Ini kisah perjuangan seorang pahlawan nasional Robert Wolter Monginsidi yang ditetapkan pada tahun 1973 dan mendapat gelar Bintang Gerilya (tahun 1958) dan Bintang Maha Putera Kelas III (tahun 1960).  [ ... ]


Konspirasi Sekutu dan Belanda Untuk Kembali Menjajah Indonesia paska Perang Dunia II
Tim Admin Indonesian Voices

Pada bulan Agustus 1943 di Quebec, Kanada, dicapai kesepakatan antara Presiden Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Churchill, untuk membentuk South East Asia Command (SEAC : Komando Asia Tenggara),  [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Sejarah Panjang Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat
21/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gedung Sate di Bandung yang sekarang ini menjadi pusat pemerintahan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memiliki jejak sejarah yang panjang. Dalam sebuah buku Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952 karya [ ... ]


Wisata ke Candi Borobudur Berstatus 'World Heritage Site' dari UNESCO
05/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9. Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi ini dibangun p [ ... ]


Danau Ranau di Perbatasan Provinsi Lampung dan Sumatra Selatan
18/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba di Sumatra Utara. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Se [ ... ]


Aktivitas Kapal-Kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa
08/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pelabuhan Sunda Kelapa terletak di kawasan bersejarah di lingkungan Kota Tua Jakarta, Batavia Sunda Kelapa Marina (Batavia Marina) adalah fasilitas Marina terpadu bertaraf Internasional yang pertama d [ ... ]


Rumah Di Atas Pohon di Objek Wisata Lembang, Bandung, Jawa Barat
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Rumah di atas pohon di Lembang, Bandung yang digunakan untuk out bond and petualangan bagi para wisatawan.Melihat Photo Wisata Lainnya


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Display Payung di Salah Satu Rumah Makan di Kuta, Bali
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Payung pada umumnya hanya diartikan sebagai alat untuk pelindung dari hujan atau panas, tetapi dalam budaya nusantara payung sebenarnya memiliki makna yang luas dan dijadikan sebagai simbol-simbol ter [ ... ]


Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Berbagai Penemuan Arca Megalitik di Indonesia
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Arca megalitik folenesia ditemukan tahun 1963 di Situs Pugung Raharjo, Lampung Timur. Pada bagian pinggang belakang terselip sebuah keris sebagai ciri arca yang menggambarkan salah satu tokoh perwuju [ ... ]


Rumah Adat Komering, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuay [ ... ]


Jalan Layang di Jakarta
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kemacetan Jakarta mungkin alasan yang paling tepat, jika ditanyakan tentang adanya jalan layang di kota metropolitan seperti Jakarta. Kepadatan penduduk, banyaknya jumlah kendaraan, dan semakin banyak [ ... ]